Tempat Wisata di Demak

Tempat Wisata di Demak – Demak merupaka sebuah kabupaten yang berlokasi di pesisir utara provinsi jawa tengah. Banyak Tempat wisata di demak yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga atau kerabat. Beraneka ragam wisata ada disini mulai dari wisata air demak, wisata alam demak, wisata bahari demak bahkan ada juga wisata religi demak.

Demak memiliki banyak tempat wisata religi yang bisa kalian kunjungi, oleh karena itu demak sendiri mendapatkan julukan sebagai kota wali. Kabupaten demak sendiri berdekatan dengan kudus dan jepara. Jadi jika kalian mencari wisata demak kudus jepara tentu kalian tidak akan kesusahan. Penasaran tempat wisata di demak mana saja yang akan kita rekomendasikan ke kalian, langsung saja simak daftar tempat wisata di demak berikut ini.

Tempat Wisata di Demak – Masjid Agung Demak

Tempat Wisata di Demak - Masjid Agung Demak

Demak merupakan kota yang sangat identik dengan penyebaran agama islam. Hal itu dibuktikan dengan adanya peninggalan islam berupa masjid. Masjid demak merupakan masjid tertua di Indonesia. Letak masjid ini ada di desa kauman kelurahan Bintoro, kecamatan Demak. Dahulu masjid ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para wali Allah SWT untuk membicarakan tentang agama Islam.

Masjid demak merupakan masjid peninggalan dari wali songo dan sultan fatah. Arsitektur bangunan masjid agung demak yang sudah berusia lebih dari setengah abad ini, banyak memberi inspirasi untuk pembangunan masjid di seluruh nusantara. Masjid ini begitu karismatik, di dalamnya ada gambar bulus yang memiliki makna, dimana kepala bulus diibaratkan sebagai angka satu, memiliki empat kaki berarti empat, badan bulus memiliki makna angka 1 dan ekor bulus adalah angka 1. Jika digabungkan menjadi angka 1401. Tahun 1401 Saka menjadi tahun dimana masjid ini didirikan.

bangunan masjid agung demak ini memiliki filosofi yang sangat bermakna. Memiliki 3 trap atap merupakan simbol dari islam, iman, dan ihsan. Sementara di ruang utamanya ada 4 soko guru yang dibuat oleh wali songo. Ada juga 8 tiang penyangga serambi masjid yang diberikan oleh Raja Majapahit

Tempat Wisata di Demak – Makan Sunan Kalijaga

Tempat Wisata di Demak - Makan Sunan Kalijaga

Destinasi tempat wisata di demak yang kedua masih seputar wisata religi, setelah tadi kita mengunjungi masjid agung demak. Kali ini kita akan berziarah ke makam sunan kalijaga. Sunan Kalijaga merupakan salah satu wali penyebar ajaran islam di tanah jawa. Makam sunan kalijaga sendiri tidak jauh dari masjid agung demak. Cara penyebaran agama islam yang dilakukan oleh sunan kalijaga sangat bijak, beliau menyebarkan agama islam melalui tembang – tembang jawa serta seni wayang.

Sunan Kalijaga merupakan salah satu sunan yang disegani oleh masyarakat. Makam sunan kalijaga ini sering dikunjungi peziarah dari berbagai wilayah di Indonesia terutama yang beragama islam. Bagi para peziarah yang datang kesini harus mentaati peraturan yang ada disini. Peziarah yang datang ke makam dilarang menggunakan dan membawa benda pusaka. Jika nekat membawa pusaka, maka pusaka yang dibawa peziarah datang ke makam sunan kalijaga akan hilang kesaktiannya. Oleh sebab itu bagi peziarah yang membawa pusaka sebaiknya dititipkan di pos satpam. Hilangnya kesaktian benda pusaka yang dibawa oleh pengunjung itu adalah ulah dari Ki Empu Suro adik ipar dari Sunan Klaijaga. Dulunya Empu Suro memiliki tugas untuk membuat senjata ampuh dana sakti yang digunakan oleh raja raja yang ada di Jawa.

Tempat Wisata di Demak – Museum Masjid Agung

Tempat Wisata di Demak - Museum Masjid Agung Demak

Masih berada di sekitar masjid agung demak, kali ini kita akan mengunjungi museum masjid agung demak. Museum masjid agung demak ini berada di utara masjid agung demak. Disini disimpan beragam peninggalan diantaranya adalah serat-serat dan kitab yang ditulis oleh para wali, bedug, pintu asli masjid ketika awal dibangun, gentong dari campa, miniatur masjid, serta ilustrasi bentuk masjid sejak 500 tahun lalu sampai dengan perubahan yang terjadi pada bangunan tersebut.

Museum masjid agung demak ini terlihat dari jalur pejalan kaki yang ada di luar masjid agung demak. Di selatan dari Museum ini, pengunjung bisa melhat tempat wudhu yang dilingkari oleh pagar dan juga rantai. Tempat wudhu jaman dahulu seringnya berbentuk kolam dan bisa digunakan untuk bersama sama. Kolam tersebut diberikan pagar dan rantai agar tidak ada pengunjung yang menyentuh air kolam tersebut. Hal itu dikarenakan air kolam tersebut masih ada.

Dibagian tengah museum ini ada soko asli hasil peninggalan dari guru masjid. ada beragam koleksi yang bisa pengunjung temukan di museum masjid agung demak diantaranya adalah koleksi kita suci kuno alquran lengkap 30 juz, koleksi kitab-kitab tersebut berad di dalam lemari kaca dan masih dalam kondisi bagus. Koleksi lainnya adalah koleksi kayu tiang taal yang dibuat langsung oleh sunan kalijaga, kap lampu peninggalan pakubuwono dan masih banyak lagi koleksi didalamnya.

Tempat Wisata di Demak – Hutan Mangrove Morosari

Tempat Wisata di Demak - Hutan Mangrove Morosari Demak (1)

Obyek wisata yang satu ini memang masih belum banyak dikenal oleh wisatawan luar demak. taman mangrove morosari demak merupakan tempat yang sangat kita rekomendasikan untuk kalian yang ingin menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari, karena suasana disini masih asri dan alami. Di hutan mangrove morosari sayung ini kalian juga bisa melihat sunset yang indah sambil melihat banyaknya bangau putih.

Untuk bisa mencapai lokasi kalian bisa menggunakan perahu atau kendaraan bermotor. Memang lokasi wisata ini tida setenar masjid agung demak namun sebenarnya lokasi ini tidak jauh dari pusat kota demak. Ketika berkunjung ke hutan mangrove ini ada beberapa wisata yang harus dipatuhi, Pertama harus menggunakan pakaian sopan selama berada di hutan bakau dan yang kedua adalah untuk pasangan dilarang bergandengan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan makam Syekh Abdullah Mudzakir di dekat lokasi.

Tempat Wisata di Demak – Brown Canyon

Tempat Wisata di Demak - Brown Canyon Demak

Destinasi wisata selanjutnya adalah Brown Canyon Demak. brown canyon demak adalah salah satu tempat wisata yang ada di Desa kebonbatur, kec Mranggen, Kab Demak. Browncanyon demak sangat ramai dikunjungi olehwisatawan baik pada hari biasa maupun hari libbur. Tempat ini sangat indah dan sangat cocok untuk kalian yang sedang mencari tempat hunting foto di demak.

Brown canyon demak memiliki pemandangan tebig-tebing terjal yang sangat menawan. Lokasi wisat ini sebenarnya bekas tambang galian yang kemudan sisa – sisanya membentuk pemandangan mirip grand canyon yang ada di Amerika Serikat. Disini ada beberapa bukit tinggi berupa batu cafas warna coklat yang menjulang. Selain keindahan yang menawan, bukit-bukit “buatan” ini juga bisa untuk arena gladi panjat tebing yang menantang. Meski bukit terjal ini belum digarap secara serius menjadi lokasi wisata, namun keindahan dari tebing-tebingnya tidak perlu diragukan lagi, dan menjadi daya tarik pengunjung untuk menikmatinya. Disini juga ada tempat yang bentuknya mirip arena Gladiator.

Tempat Wisata di Demak – Pantai Wisata Morosari

Tempat Wisata di Demak - Pantai Wisata Morosari

Tempat wisata di demak berikutnya adalah pantai morosari. Pantai ini berlokasi di sayung dan mempunyai panorama indah dengan deretan hutan mangrove. Biasanya pantai ini akan ramai dikunjungi seminggu setelah lebaran, karena di pantai ini biasanya diadakan tradisi syawalan dengan mengadakan lomba perahu dayung serta sedekah laut.

Pantai morosari ini berada di jalan raya semarang Demak km 9. Pantai ini memiliki panorama yang indah terutama sore hari menjelang malam. Jika kalian ingin berkunjung kesini sebaiknya datang pada pagi hari atau sore hari karena di siang hari lokasi pantai morosari sangat panas, berbeda dnegan sore hari dan pagi dimana udara pantai berubah menjadi sejuk.

Tempat Wisata di Demak – Wisata kuliner asem-asem daging

Tempat Wisata di Demak - Wisata kuliner asem-asem daging demak

Setelah berkeliling demak kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi wisata kuliner demak. Ada satu makanan khas dari demak yaitu asem-asem daging yang biasanya diasjikan dengan tampilan yang sangat menarik. Harga dari makanan ini pun tidak mahal hanya Rp. 15.000 per porsinya. Salah satu tempat asem-asem daging yang enak ada di dekat alun-alun demak, ada tempat makan bernama Rumah makan Rahayu. Demak memang tekenal dengan asem asem dagingnya oleh sebab itu jika kalian ingin merasakan kesegaran asem asem daging yang khas kalian harus berkunjung ke Demak.

Sekian dulu ulasan dari zonatempatwisata.web.id untuk informasi tempat wisata yang lain bisa kunjungi artikel lainnya teriakasih.

Baca Juga : Tempat Wisata di Batang